Kamis, Maret 19, 2009

PIALA DUNIA 2010

fifa_world cup trophyold fifa_world cup trophyAjang pertandingan sepak bola paling bergengsi di dunia adalah FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA). Ajang pertandingan sepak bola antar negara ini mempertemukan seluruh negara anggota FIFA yang telah lolos kualifikasi di putaran final. FIFA World Cup diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan tuan rumah yang berbeda untuk setiap kali penyelenggaraan.

Sebelum adanya Piala Dunia, pertandingan sepak bola antar dunia dilakukan sebagai salah satu olah raga yang dipertandingkan pada Olimpiade. Namun sejak tahun 1914 FIFA menetapkan bahwa pertandingan sepak bola pada Olimpiade hanya diperbolehkan bagi pemain-pemain amatir dari tiap negara peserta. Hal ini sangat bertentangan dengan keinginan IOC, sebagai penyelenggara Olimpiade, yang menghendaki pemain profesional juga main di pertandingan sepak bola Olimpiade. Hal ini membuat pertandingan tidak lagi dimasukkan dalam agenda Olimpiade oleh IOC.

Hal ini mendorong presiden FIFA Jules Rimet untuk merencanakan sebuah turnamen sepak bola tingkat dunia. Turnamen Piala Dunia ini diadakan di Uruguay pada tahun 1930. Penunjukkan Uruguay sebagai tuan rumah lebih ditujukan untuk menghormati Uruguay yang telah memenangkan dua kejuaraan sepak bola sebelumnya, sekaligus untuk memperingati hari kemerdekaan Uruguay yang ke-100. Sayangnya penunjukkan Uruguay sebagai tuan rumah menimbulkan masalah bagi negara-negara di dataran Eropa. Jauhnya jarak tempuh dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan membuat negara-negara di Eropa tidak bersedia mengikuti turnamen ini. Sebagai jalan tengah, akhirnya Jules Rimet mengutus 4 negara di Eropa untuk mewakili benua tersebut. Alhasil perhelatan Piala Dunia pertama ini diikuti oleh 13 negara, 7 dari Amerika Selatan, 4 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara. Pada perhelatan Piala Dunia pertama ini, Uruguay berhasil menjadi juara setelah di final mengandaskan perlawanan Argentina dengan skor 4 – 2.

Perhelatan piala dunia kemudian diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan tuan rumah berpindah dari Eropa ke benua Amerika. Namun perhelatan akbar ini sempat terhenti antara tahun 1942 hingga 1946, ketika pecah Perang Dunia Kedua, yang melibatkan banyak anggota FIFA, sekaligus peserta Piala Dunia. Piala Dunia kembali digulirkan pada tahun 1950, dengan Brasil sebagai tuan rumah. Pada tahun inilah peristiwa besar terjadi, yaitu “tragedi Marcaana”, dimana tuan rumah Brasil dipecundangi oleh Uruguay pada partai puncak.

Pada perhelatan Piala Dunia tahun 1970 di Meksiko, Brasil membuktikan diri sebagai penguasa sepak bola dengan memenangkan kejuaraan Piala Dunia untuk ketiga kalinya. Dengan demikian piala Jules Rimet yang menjadi lambang supremasi sepak bola dunia berhak menjadi milik Brasil untuk selama-lamanya. Namun sayangnya piala Jules Rimet ini hilang pada tahun 1980, dan hingga kini tidak pernah ditemukan.

Perhelatan Piala Dunia tahun 2002 merupakan sejarah manis bagi Asia. Pada Piala Dunia 2002, Asia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, diluar negara-negera di Eropa dan Amerika. Pada Piala Duina 2002 juga untuk pertama kalinya FIFA menunjuk dua negara sebagai tuan rumah Piala Dunia, yaitu Korea Selatan dan Jepang. Jika Asia sudah mendapat jatah untuk menyelenggarakan Piala Dunia, maka pada perhelatan Piala Dunia tahun 2010 giliran Afrika yang menjadi tuan rumah, diwakili oleh Afrika Selatan. Dengan demikian hanya satu asosiasi sepak bola yang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia, yaitu OFC, yang membawahi Oseania.

Tidak ada komentar: